Selasa, 25 Juli 2017

Harajuku style



MENGENAL "COSPLAY & HARAJUKU STYLE" (BUDAYA REMAJA JEPANG)




ISTILAH

コスプレ(ko su pu ru) berasal dari kata costume + roleplay
Sebuah subkultur Jepang yang berpusat pada pakaian yang mengacu pada karakter dari 漫画 (manga/komik) 、アニメ(a ni me/animasi)、videogame dan TV
レヤス(re ya su): para pelaku cosplay. Asal kata: layers yang kemungkinan singkatan dari players
カメコ(ka me ko) : orang yang mengambil gambar レヤス (re ya su). Singkatan dari kamera kozo atau kamera boy.
クロスプレ(ku ro su pu ru): orang yang bermain kostum lawan jenis.

SEJARAH
Berasal dari peserta konvensi fiksi ilmiah di Amerika sejak paruh kedua tahun 1960-an, yang mengenakan kostum seperti tokoh-tokoh film fiksi ilmiah seperti star trek.
Di Jepang, peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17
Majalah anime di Jepang sedikit demi sedikit mulai memuat berita tentang acara cosplay di pameran dan penjualan terbitan doujinshi.
Liputan besar-besaran pertama kali dilakukan majalah Fanroad edisi perdana bulan Agustus 1980. Edisi tersebut memuat berita khusus tentang munculnya kelompok anak muda yang disebut "Tominoko-zoku" ber-cosplay di kawasan Harajuku dengan mengenakan kostum baju bergerak Gundam.
1985, hobi cosplay semakin meluas di Jepang karena cosplay telah menjadi sesuatu hal yang mudah dilakukan. Pada waktu itu kebetulan tokoh Kapten Tsubasa sedang populer, dan hanya dengan kaus T-shirt pemain bola Kapten Tsubasa, orang sudah bisa "ber-cosplay".
Kegiatan cosplay dikabarkan mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986.
1998 di Akihabara mulai banyak toko, café dan restoran yang mengambil tema cosplay dengan sasaran pasar penggemar cosplay. Pelayannya pakai cosplay.
Ada 2 jenis : メイド カフェ (meido kafe/ pelayan kafe)yang sasaran pasarnya adalah pria dan 執事喫茶 (shitsuji kissa) yang sasaran pasarnya wanita.
Para pelayan memperlakukan pelanggan atau tamu sebagai tuan dan nyonya, bukan sebagai tamu biasa. Misal, ketika tamu masuk mereka akan menyambut dengan sapaan :“ お帰りなさいませ、ご主人様! (O kaerinasaisama, go shujinsama!/ Selamat Datang tuan dan nyonya!) Atau dengan berlutut ketika menuangkan gula atau susu ke dalam the atau kopi.
Pelayan wanita (メイド/meido )sering muncul dalam manga atau anime. Karakter meido bisa cute atau genit merangsang tergantung penulis.
Popularitas restoran cosplay telah menyebar ke daerah lain di Jepang dan luar negeri seperti Osaka, Hong Konog, Taiwan, Singapura dan Kanada.
TREND
Event cosplay dewasa ini bertambah karena suksesnya film-film seperti The Matrix, Star Wars, The Lord of The Ring.
Kaburnya batasan antara kostum yang berasal dari karakter komik, film, dll dengan kostum yang sedang ngetren saat itu.
コスプレ=原宿スタイル?( cosplay = harajuku style? )
Harajuku adalah sebuah wilayah di sekitar stasiun Harajuku di Tokyo.
Istilah harajuku style digunakan untuk menggambarkan anak-anak remaja yang berpakaian dengan bermacam-macam style di sekitar harajuku.
MACAM-MACAM STYLE COSPLAY
Gothic Lolita : gaya gothic, feminin, elegan sehingga pemakainya terlihat seperti boneka victoria.Asalnya berwarna hitam seluruhnya atau hitam dengan aksen putih. Macamnya : kurorori, shirorori, gurorori (grotesque lolitaà penampilan dengan plester atau “terluka”), punk lolita (ada sentuhan punk).
Visual Kei : sebuah gaya yang berasal kalangan musisi, ditandai dengan gaya eksentrik dan flamboyan, make-up mencolok, gaya rambut yang unik dan kostum yang rumit.
Decora (decoration) : sebuah gaya yang memiliki warna-warna terang dan ikat/jepit rambut. Baju yang digunakan berlapis-lapis.Aksesori yang digunakan banyak dan menimbulkan suara berisik jika bergerak. Oleh orang dari luar negeri sering disebut dengan “fruits style”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda ingin berkomentar, namun tolong gunakan bahsa yang sopan.